Taman Nasional Tanjung Puting


Sungai di belantara Kalimantan membelah hutan-hutan lebat akan menjadi teman setia Anda selama beberapa hari. Belum lagi nyanyian burung-burung, suara monyet yang bergelantungan, hingga beragam bunyian unik dari serangga yang tidak pernah berhenti. Udara segar dan cakrawala terbuka luas akan merekahkan indahnya Matahari, saat malam tiba, giliran keindahan bintang-bintang bertebaran terpancar. Inilah Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang begitu lengkap, merasakan hidup langsung di tengah hutan tidak lagi hanya mimpi.

TNTP sangat istimewa karena kawasan ini merupakan ibukota orangutan di muka Bumi, sekaligus pusat rehabilitasi orangutan pertama di Indonesia. Luasnya mencapai seukuran Pulau Bali yakni sekira 415.040 ha. Secara geografis menempati wilayah Kecamatan Kumai di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kecamatan Hanau serta Kecamatan Seruyan Hilir di Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Lingkungan hutan yang menakjubkan ini harus dikunjungi jika Anda memang penyuka petualangan di alam terbuka. Sungai di sekitar TNTP merupakan sumber air yang jernih dan didiami beragam ikan air tawar dan makhluk dua alam. Dengan jumlah populasi yang banyak di tempat ini menjadikannya salah satu tempat terpenting di dunia untuk pelestarian hewan primata, burung, reptil dan ikan.




Copyright © 2016 | All Rights Reserved