Pelabuhan Sunda Kelapa


Sunda Kelapa atau yang lebih dikenal sebagai Pasar Ikan merupakan sebuah pelabuhan tua yang terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Pelabuhan bersejarah ini merupakan cikal-bakal kota Jakarta yang hari jadinya ditetapkan pada abad ke 16 atau tetapnya pada tanggal 12 Juli 1527. Pelabuhan yang sudah dikenal sejak abad ke 12 ini dahulu merupakan pelabuhan penting kerajaan Sunda yang beribukotakan Pakuan Pajajaran (sekarang kota Bogor). Namun jauh sebelum kerajaan Sunda berdiri, kerajaan Tarumanegara sudah terlebih dahulu berdiri. Kerajaan ini kemudian diserang oleh kerajaan kuat Sriwijaya dari Sumatera, oleh karena itu penduduk di sekitar pelabuhan ini menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa ibu mereka yang merupakan asal bahasa nasional Indonesia.

Menyempatkan diri berkunjung ke pelabuhan bersejarah ini merupakan kesempatan yang unik, menghibur sekaligus bermanfaat. Anda bisa meniti perjalanan sejarah dengan berkeliling di sekitar pelabuhan, berkunjung ke Museum Bahari yang menampilkan dunia kemaritiman Indonesia masa silam serta peninggalan sejarah kolonial Belanda masa lalu.Anda bisa melangkahkan kaki ke arah selatan pelabuhan untuk menyaksikan Galangan Kapal VOC dan gedung-gedung VOC yang telah direnovasi.

Anda juga bisa mengunjungi Kampung Luar Batang yang bersejarah di sekitar pelabuhan ini, dahulu kampung ini merupakan lokasi pemeriksaan barang sebelum masuk ke Pelabuhan Sunda Kelapa.Pagi dan sore hari merupakan waktu favorit para pengunjung karena pemandangan dari kapal kayu yang berjejer dipadu dengan langit cerah menjadi latar belakang yang cantik untuk berfoto. Selain itu Anda juga bisa mengabadikan suasana pelabuhan mulai dari bersandarnya kapal hingga bongkar muat.




Copyright © 2016 | All Rights Reserved