Taman Nasional Kutai



Taman Nasional Kutai (TNK) adalah hutan tropis dataran rendah di Kalimantan Timur. TNK memiliki luas wilayah 198.629 hektar. Keanekaragaman hayati dan vegetasinya menjadikan taman ini tempat tujuan menarik bagi masyarakat lokal begitu juga bagi para pecinta alam dan peneliti dari berbagai negara.

Saat ini, sekitar 900 jenis tanaman di taman ini telah diidentifikasi. Untuk pelajar setempat misalnya di Bontang dan Sangatta, TNK adalah fasilitas untuk belajar tentang alam. Dua lokasi di TNK yang sering dikunjungi wisatawan adalah Sangkima dan resor Prevab. Pengunjung akan dibebani biaya masuk sebesar Rp1, 500 untuk pengunjung lokal dan Rp15, 000 untuk pengunjung asing.

TNK memiliki dua resor yang menjadi favorit bagi wisatawan dan peneliti yaitu Sangkima dan Prevab. Dalam Sangkima, pengunjung bisa melihat pohon kayu besi (Eusideroxylon zwageri) dengan diameter 2,47 meter. Pengunjung juga dapat menguji adrenalin mereka dengan melewati jembatan gantung yang terbuat dari kayu besi. Sedangkan di dalam Prevab, pengunjung bisa melihat kehidupan orang utan (Pongo pygmeus) di habitat asli mereka dan proses restorasi yang saat ini berlangsung setelah kebakaran hutan pada tahun 1997-1998. Selain itu, TNK juga menyediakan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat berbagai jenis satwa langka dan berbagai tumbuhan.




Copyright © 2016 | All Rights Reserved